--> Rumus Matematika Dasar | Kanjeng Ibad

tempat rekresi intelektual dan kazanah keilmuan


Monday, September 8, 2014

Rumus Matematika Dasar

| Monday, September 8, 2014
saya agak bingung waktu memberi penjelasan pada anak-anak saya tentang penghitungan dasar seperti angka di bawah ini 1+2X3 =7 atau 1+2x3=9 mana yang benar???. soalnye udeh lame banget nich ndak otak atik matematika. akhirnya saya dapat prinsip penghitunganya dari rekan saya, langsung aja saya share semoga aja bermanfaat bagi para orang tua atau guru sekolah dasar hehehe.



nah dengan cara yang sama bisakah kita menggunakan yang ini??

* 1+2x3=7 anggap benar, sifat yang berlaku apa??
1+2x3 = 7
(1+2x3)x =7 x
kalau bisa lanjutin dong bro,..

--- Akhir Kutipan ---
(1+2x3)x =7 x
=(1+6)x(1/3)=(7/3)
=(1/3)+(6/3)=(7/3)
=1+6=7

jadi prinsipnya:
[1] penjumlahan setara dengan pengurangan dimana tanda yg lebih dulu muncul didahulukan
[2] perkalian setara dengan pembagian dimana tanda yg lebih dulu muncul didahulukan
[3] operasi perkalian atau pembagian harus didahulukan baru kemudian penjumlahan atau pengurangan


metode pembuktian dari nandaz boleh juga ;D

MonDay:

--- Kutip dari: Farabi pada Pebruari 09, 2011, 06:10:43 PM ---Ada urutan dalam penyelesaian perkalian. Yang pertama itu kalau tidak salah perkalian, yang kedua pertambahan ketiga pengurangan, dan terakhir pembagian.

--- Akhir Kutipan ---
kalo yg sy tau perkalian dan pembagian diutamakan kemudian penambahan dan pengurangan
http://en.wikipedia.org/wiki/Order_of_operations

altair:
waduh, dosen ada-ada ajanih, dosen kaka saya juga nyuruh ngebuktiin kalo 1+1 tidak sama dengan dua. ckckck ;D

pue2t:
Setuju kalo 1+2x3=7
soalnya dalam matematika itu ada yg namanya kabataku (kali bagi tambah kurang) di mana kali dan bagi lebih kuat dari tambah kurang.
kalo kali dan bagi ketemu, yg awal dikerjain duluan...

Monox D. I-Fly:
Yup. Di matematika ada semacam "unwritten rule" yg menyatakan urutan prioritas, yaitu:
Pangkat >> Kali >> Tambah
Akar >> Bagi >> Kurang

Related Posts

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar