--> Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya | Kanjeng Ibad

tempat rekresi intelektual dan kazanah keilmuan


Tuesday, September 16, 2014

Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

| Tuesday, September 16, 2014
Materi I

Mata adalah panca indra yang berfungsi untuk melihat suatu objek. Secara garis besar memang untuk melihat, namun tentu saja mata memiliki bagian-bagian didalamnya yang memiliki fungsi berbeda-beda dan saling berhubungan sehingga mata kita bisa melihat.

BAGIAN BAGIAN MATA
- Organ luar
- Bulu mata berfungsi menyaring cahaya yang akan diterima.
- Alis mata berfungsi menahan keringat agar tidak masuk ke bola mata.
- Kelopak mata berfungsi untuk menutupi dan melindungi mata.
- Kelenjar air mata (lakrima) berfungsi Menghasilkan air mata untuk membasahi mata yang beguna menjaga kelembapan mata, membersihakan mata dari debu dan membunuh bibit penyakit yang masuk kedalam mata

- Organ dalam
Bagian-bagian pada organ mata bekerjasama mengantarkan cahaya dari sumbernya menuju ke otak untuk dapat dicerna oleh sistem saraf manusia.
Secara umum struktur bagian-bagian mata terdiri dari bagian luar dan dalam. Apa sajakah bagian-bagain bola mata? Apakah fungsi dari bagian-bagian bola mata? Berikut ulasan penjelasan Struktur Fungsi

Bagian-Bagian Mata.
  • Kornea adalah selaput luar bola mata yang berfungsi sebagai pelindung bagian-bagian dalam mata.
  • Pupil adalah celah bundar di tengah iris. Pupil merupakan tempat lewatnya cahaya yang menuju ke retina.
  • Iris adalah lapisan di depan lensa mata berfungsi untuk mengatur lebar pupil sehingga banyaknya cahaya yang masuk ke mata dapat dikendalikan.
  • Lensa mata adalah benda bening di dalam bola mata yang berbentuk cembung. Fungsi lensa tersebut adalah untuk memfokuskan cahaya atau bayangan benda agar tepat jatuh di retina.
  • Aqueous humour adalah cairan yang terdapat diantara kornea dan lensa mata.
  • Vitreous humour adalah cairan yang terdapat diantara lensa mata dan retina. Kedua cairan tersebut berfungsi untuk memberi bentuk dan kekokohan pada mata
  • Retina adalah lapisan terdalam dari dinding bola mata yang berfungsi sebagai layar penerima cahaya / bayangan benda. Lapisan retina yang mengandung sel-sel peka cahaya disebut bintik kuning. Sedangkan sel-sel retina yang tidak peka cahaya disebut bintik buta.
  • Otot siliar, adalah bagian mata yang mengatur jarak fokus lensa mata.
 
TABEL STRUKTUR FUNGSI BAGIAN MATA
Bagian Mata fungsi
Sklera pembungkus lapisan luar Melindungi bola mata dari kerusakan mekanis dan memungkinkan melototnya otot mata
Kornea selaput bening tembus pandang pada bagian depan sklera Penerima rangsang cahaya
Mereaksikan cahaya
Koroidea lapisan tengah di antara sklera dan retina berupa selaput darah (kecuali di bagian depan) Penyedia makan bagi bagian mata yang lain
Iris (selaput pelangi) selaput berwarna (mengandung pigmen melanin) merupakan bagian depan koroide
 Melindungi refleksi cahaya dalam mata
Mengendalikan kerja pupilPupil berupa lubang yang dibatasi oleh iris Mengatur banyak sedikit cahaya yang diperlukan Mata
Lensa berupa lensa bikonveks Membiaskan dan memfokuskan cahaya agar bayangan benda tepat jatuh pada retina mata
Aqueous humor berupa cairan encer Menjaga bentuk kantong depan bola mata
Vitreous humor berupa cairan bening dan kental Meneruskan rangsang ke bagian mata memperkukuh bola mata
Retina selaput jala Menerima bayangan dan untuk melihat benda
Fovea (bintik kuning) berupa bagian yang mengandung sel-sel kerucut Sebagai tempat bayangan jatuh pada daerah Retina
Badan silia berupa otot melingkar dan otot radial yang terdekat pada ujung depan lapisan koroid yang membentuk penebalan Menyokong lensa dan mensekresikan aqueous Humor
Bintik buta tempat saraf optik meninggalkan bagian dalam bola mata Tidak peka terhadap cahaya karena tidak mengandung sel konus dan sedikit sel batang
Saraf mata berupa serabut saraf Meneruskan rangsang cahaya ke saraf kranial (saraf optik)

MATA BERAKOMODASI
Akomodasi pada mata adalah 'tugas' dari lensa mata setelah cahaya di tangkap oleh kornea, dimana lensa yg masuk di akomodasikan atau di fokuskan ke retina untuk kemudian dibawa saraf2 optik di bintik kuning (Macula Lutea) ke Otak. untuk meliht benda yang dekat mata harus berakomodasi,
mata berakomodasi merupakan kemampuan lensa mata untuk lebih cembung, sehingga benda yang letaknya dekat dapat terliht jelas.

MATA YANG TAK BERAKOMODASI
Mata yang tidak berakomodasi adalah keadaan dimana lensa mata sedang tidak bekerja, misal pada saat tidur atau sedang tidak ada cahaya.

CACAT MATA
Cacat mata atau mungkin disebut tuna netra adalah gangguan atau hambatan pada penglihatan ada 2 macam yaitu tottaly blind ( buta total ) Low vision ( kurang lihat) tottaly blind adalah mereka yg buta total tdk memiliki sisa penglihatan lagi sedang low vision masih. orang bermata minus,plus dan mereka yg memiliki gangguan mata namun masih memiliki sisa penglihtan disebut ini

MATA YANG TAK BERAKOMODASI
Ketika lensa mata berada pada kondisi cembung minimum (paling pipih) dikatakan mata tidak berakomodasi,

MATA BERAKOMODASI
ketika lensa mata bereda pada cembung maksimum dikatakan mata dalam keadaan berakomodasi maksimum. Sehingga mata memiliki jangkauan penglihatan yang terbatas. Yaitu diantara titik dekat mata (punctum proximum) dan titik jauh mata (punctum remontum).

PENGERTIAN PRESBIOPI ATAU CACAT MATA

Presbiopi merupakan cacat mata yang lebih banyak disebabkan oleh faktor usia. Orang yang usianya sudah lanjut, daya akomodasinya semakin lemah sehingga lensa mata sukar mencembung secembung-cembungnya dan sukar memipih sepipih-pipihnya. Cacat mata presbiopi adalah cacat mata yang tidak dapat melihat benda-benda jauh atau dekat dengan jelas. Untuk menolong orang yang menderita cacat mata presbiopi, harus digunakan kacamatarangkap. Lensa kacamata rangkap terdiri atas lensa cekung untuk melihat benda-benda jauh dan lensa cembung untuk melihat benda-benda dekat.
Masih tentang pembelajaran tematik kelas IV tema 2 sub tema 2, kali ini tentang alat indra manusia khususnya mata. Mata kita adalah pintu masuk ke lingkungan eksternal, dan jelas, yang paling penting dari organ-organ indera. Mata memainkan peran penting dalam keberadaan sehari-hari kita. Mata menerima cahaya dari dunia luar, dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang diangkut ke otak dan dirasakan sebagai sebuah gambar. Jadi apa bagian mata? Pada bagian berikutnya, kita akan belajar tentang mata manusia, berbagai bagiannya, dan bagaimana bagian-bagian ini bekerjasama untuk memungkinkan kita untuk melihat dunia di sekitar kita.
Bagian utama dari Mata Manusia
struktur mata manusia



Materi II

Struktur anatomi mata manusia

Sklera: sklera adalah bagian putih mata yang mengelilingi kornea. Hal ini terdiri dari jaringan berserat, dan memberikan perlindungan kepada bagian dalam mata. Ini adalah jaringan yang biasa disebut putih mata.

  • Kornea: Kornea adalah jaringan transparan di depan mata di mana cahaya yang datang dari sebuah benda masuk ke mata. Hal ini juga membantu dalam memfokuskan cahaya pada retina.
  • Beranda Depan (Aqueous Humor): Ini adalah cairan transparan bening yang mengisi ruang antara kornea dan lensa mata. Ini juga memasok nutrisi dan oksigen ke bagian-bagian ini.
  • Iris: iris adalah cincin otot di bagian tengah mata, yang membantu dalam mengatur jumlah cahaya yang memasuki mata dengan mengontrol ukuran pupil.
  • Pupil: Ini adalah sebuah lubang di tengah iris di mana cahaya melewati dan jatuh pada lensa mata. Ukurannya dikontrol oleh iris.
  • Lensa Mata: Lensa mata ini terletak tepat di belakang pupil. Ini membantu dalam memfokuskan cahaya pada retina. Lensa mata mampu mengubah bentuknya sehingga memungkinkan kita untuk melihat objek dekat dan jauh.
  • Otot siliari: Ini adalah jaringan berbentuk cincin yang memegang dan mengontrol pergerakan lensa mata, dan karena itu, membantu dalam mengendalikan bentuk lensa.
  • Humor vitreous: Bertindak sebagai pengisi dan mencakup ruang antara lensa mata dan retina. Hal ini juga memberikan perlindungan kepada lensa. Itu membuat untuk sekitar dua-pertiga dari total volume mata, dan terutama terdiri dari air.
  • Retina: Ini adalah membran bertanggung jawab untuk mengubah cahaya yang jatuh di atasnya menjadi impuls listrik yang dapat dikirim ke otak. Retina mengandung sel fotoreseptor yang sensitif terhadap cahaya yang disebut batang dan kerucut. Batang membantu dalam visi hitam dan putih dan untuk melihat dalam cahaya redup, sedangkan kerucut membantu dalam penglihatan siang hari dan warna.
  • Saraf optik: Ini adalah bundel serat saraf yang berfungsi sebagai kabel yang menghubungkan mata ke otak. Saraf optik ini membantu dalam transmisi sinyal dari retina ke pusat visual otak.
  • Spot kuning atau Makula: Terletak di pusat retina, tempat ini kuning membantu dalam menyerap kelebihan cahaya yang memasuki mata. Makula adalah bertanggung jawab untuk penglihatan pembacaan kita, dan membantu kita untuk melihat obyek yang tepat di depan kita.
  • Kelopak mata: Kelopak mata membantu dalam perlindungan dan pelumasan mata kita. Mereka juga membantu dalam mengendalikan jumlah cahaya yang jatuh ke mata kita.
  • Otot Mata: Bola mata diadakan di tempatnya dengan bantuan beberapa otot mata. Otot-otot mata bertanggung jawab atas dan bawah, serta gerakan kiri dan kanan mata.

Cara Kerja Mata Manusia

➤ 1. Ketika kita melihat suatu objek, cahaya yang jatuh di atasnya tercermin arah mata kita, dan memasuki mata melalui lapisan transparan kornea, yang membantu dalam memfokuskan cahaya.

➤ 2. Cahaya kemudian melewati aqueous humor lembab yang mengandung dan mencapai pembukaan pusat yang disebut pupil, yang dengan bantuan dari iris mengembang atau kontraksi untuk mengatur jumlah cahaya melewatinya.

➤ 3. Cahaya yang masuk melalui pupil lolos ke lensa mata, yang membantu dalam menyesuaikan dan memfokuskan cahaya pada retina. Ia melakukannya dengan mengubah bentuk, tergantung pada apakah cahaya datang dari jauh atau dekat dengan objek.
➤ 4. Lampu terfokus kemudian melewati humor vitreous dan akhirnya diproyeksikan pada membran epiretinal mengandung sel-sel fotoreseptor. Batang dan kerucut retina mengkonversi sinar cahaya menjadi impuls listrik.

➤ 5. Sinyal-sinyal listrik ditransmisikan oleh saraf optik untuk mencapai pusat penglihatan di otak. Otak menafsirkan dan merasakan sinyal-sinyal sebagai gambar.
Fakta Menarik

Mata dikatakan evolusi biologi yang paling ajaib, dan sering dibandingkan dengan otak dalam hal kompleksitas. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang mata manusia:

Mata kita dapat memproses 36.000 bit informasi dalam waktu satu jam. Mata manusia terus berkedip pada rata-rata 4.200.000 kali setiap tahun. Tidak mungkin bersin dengan mata terbuka.Mata manusia bisa melihat cahaya lilin yang telah ditempatkan 14 mil jauhnya, di bawah kondisi yang cocok.Mata manusia mampu mendeteksi lebih dari 10 juta warna. Mata manusia bisa membedakan 500 nuansa warna abu-abu. Kornea adalah satu-satunya jaringan hidup yang tidak mengandung pembuluh darah. 

Semua bayi yang buta warna saat mereka lahir. Warna iris menentukan apakah mata kita terlihat hitam, biru, hijau, coklat, atau abu-abu. Lensa di mata kita lebih cepat daripada lensa kamera ditemukan sampai saat ini. Selama umur rata-rata, manusia akan melihat sekitar 25 juta gambar di sekelilingnya.
Otot-otot mata adalah yang paling aktif di seluruh tubuh.

Related Posts

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar