--> Obat Herbal Untuk Jerawat | Kanjeng Ibad

tempat rekresi intelektual dan kazanah keilmuan


Thursday, September 18, 2014

Obat Herbal Untuk Jerawat

| Thursday, September 18, 2014
Jerawatter, sebelum kita berbicara tentang penanganan masalah jerawat dan mengobati jerawat dengan cara Obat Herbal yang tepat, terlebih dahulu kita harus mengenal dan memahami tipe dan macam-macam jerawat. Pasalnya, cara can metode untuk menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami akan berbeda sesuai dengan tipe jerawat dan macam jerawat yang muncul dan tumbuh di wajah JerawatHaters. Untuk itu, penting kiranya bagi kita untuk mengetahui dan memahami tipe-tipe dan macam-macam jerawat serta penyebab jerawat itu muncul dan bersarang di wajah kita.

Secara sederhana, jerawat yang ada dan sering kali muncul di wajah kita diklasifikasikan ke dalah tiga tipologi mendasar, antara lain yaitu sebagai berikut:

Jerawat Komedo

Jerawat komedo sering terlihat di bagian kulit hidung yang biasanya menghasilkan minyak lebih daripada bagian kulit lainnya. Jika dilihat, jerawat komedo akan tampak seperti titik-titik atau flek hitam yang muncul ke permukaan. Bagi JerawatHaters yang sedang dalam masa pertumbuhan, mungkin pernah penasaran dengan titik-titik hitam yang biasanya terdapat pada hidung. Tak jarang JerawatHaters yang memencet komedo masing-masing dan mendapatkan butiran kecil yang berwarna kehitam-hitaman di permukaan dan kuning mentega di bagian lainnya. Well, itulah yang kemudian disebut dengan jerawat komedo atau komedo saja.

Komedo termasuk jenis jerawat yang paling mudah untuk ditangani dan tidak begitu menimbulkan banyak masalah bagi JerawatHaters atau para remaja yang sedang menginjak usia pubertas. Apalagi, jerawat komedo tidak akan tampak mencolok bila dibandingkan dengan jerawat biasa dan jerawat batu yang tergolong sangat kronis. Namun, masih banyak juga orang yang mencari formula yang tepat terkait cara menghilangkan komedo.

Kebanyakan orang mengira bahwa titik-titik hitam yang ada pada kulit wajah adalah kotoran yang hinggap di pori-pori wajah dan menyumbat aliran keringat. Namun sebenarnya itu adalah penyumbat pori yang berasal dari keringat dan sel kulit mati yang berubah warnanya menjadi kehitam-hitaman di bagian luar karena teroksidasi dan masih berwarna putih kekuning-kuningan di bagian dalam. Itulah sebabnya warna hitam hanya ada pada bagian luar dan bagian dalam dari komedo tetap berwarna kuning pucat mentega.

Mungkin JerawatHaters sering mencoba untuk mengeluarkan jerawat komedo dari wajah, akan terlihat seperti pucuk biji kacang. Banyak yang mengira bahwa itu adalah biji kacang, sehingga muncullah mitos banyak makan kacang akan menyababkan orang berjerawat, namun sekarang JerawatHaters tahu, mitos yang menyebutkan banyak makan kacang dapat menyebabkan jerawat adalah salah! (penjelasannya silahkan kunjungi ulasan lengkap tentang jerawat dan kacang).

Jerawat komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, baik terbuka maupun tertutup. Seperti yang telah dijelaskan diatas, jerawat komedo lebih banyak disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan produksi kelenjar minyak berlebih yang terjadi pada kulit dan tak sempat keluar, pada akhirnya kotoran atau minyak tersebut akan mengendap di saluran ekskresi dan menyumbat aliran minyak dan keringat sehingga muncullah jerawat komedo. Tak heran jerawat komedo sering ditemukan di hidung karena pada sebagian besar orang kulit hidung memproduksi kelenjar minyak lebih banyak dari bagian kulit yang lain. Nah JerawatHaters, apakah di hidungmu terdapat bintik-bintik hitam yang apabila dipencet akan keluar seperti butiran kotor yang padat dan menyerupai biji kacang?.

Tak usah minder ataupun malu karena jerawat komedo selalu menjadi masalah klasik bagi para remaja dan seluruh manusia di permukaan bumi. Tapi alangkah lebih baik, dari sekarang lakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat mencegah timbulnya jerawat komedo agar harimu menjadi lebih memesona. Jangan lewatkan tips menghilangkan komedo yang membandel di ohJerawat!.


Jerawat Biasa,

Ini adalah jenis jerawat yang paling umum hinggap di wajah manusia. Hampir seluruh manusia baik laki-laki maupun perempuan pernah berurusan dengan tipe jerawat yang satu ini. Karena itu, jenis jerawat seperti ini mudah sekali dikenali. Jika dilihat, jerawat biasa berbentuk tonjolan kecil di wajah dan berwarna pink atau kemerahan, mudah sekali meletus apabila usianya sudah lebih dari empat hari dan tahukah kamu JerawatHaters, tipe jerawat ini paling membuat orang kerepotan. Pasalnya, jika jerawat meletus dalam keadaan yang tidak tepat dan tidak segera dibersihkan dengan cara yang benar, maka berpotensi menimbulkan jerawat-jerawat baru di permukaan kulit wajah kita. Hi… serem bukan?, bayangkan jika wajah kita didominasi oleh tonjolan baik kecil maupun besar yang berwarna kuning pucat seperti nanah.

Pada umumnya, jerawat semacam inilah yang paling sering membuat orang tidak percaya diri. Kebanyakan dari mereka akan menutup-nutupi jerawat dengan riasan rambut atau dengan riasan make-up. Namun tahukah kamu JerawatHaters?, bukannya akan menyembuhkan jerawat hal tersebut malah akan memperparah keadaan jerawat yang hinggap di wajah kita. Bahkan, tindakan menutupi jerawat dengan riasan rambut dan kosmetik justru berpotensi mempercepat penyebaran jerawat yang ada di kulit wajah. Beberapa remaja memencet jerawat mereka dan menutupnya dengan plester. Well, tindakan tersebut sama sekali tidak bisa dibenarkan dan kami sarankan jangan pernah melakukan tindakan seperti itu demi kesehatan kulit wajahmu!.
Cara Mencegah Jerawat?

Seperti halnya jerawat komedo, jerawat biasa disebabkan karena terjadi penyumpatan pori-pori, namun pada jerawat biasanya ini terjadi proses lanjutan berupa infeksi yang disebabkan oleh sejenis bakteri yang bernama propionibacterium acne. Bakteri semacam ini, biasanya hidup dan tumbuh di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, tepat pada daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Jadi, jerawat biasa ini bisa dikatakan adalah tahap lanjutan dari jerawat komedo yang mengalami infeksi karena tidak segera ditangani denga benar. Cara mencegah jerawat yang benar ialah dengan cara senantiasa menjaga kebersihan wajah kita, sehingga bakteri pada permukaan wajah tidak berkembang biak dan menimbulkan jerawat.

Tahukah kamu JerawatHaters, bakteri penyebab jerawat diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri yang dapat menimbulkan jerawat ini akan terus hidup subur dalam saluran kelenjar karena bakteri jenis ini tidak membutuhkan oksigen untuk hidup dan jika dibiarkan secara terus menerus dapat menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Sumber bakteri propionibacterium bisa berasal dari berbagai hal sepele yang jarang sekali kita perhatikan. Tahukah kamu JerawatHaters?, tangan adalah media penghantar paling memungkinkan dan tempat favorit bagi semua bakteri termasuk bakteri penyebab jerawat. Jadi, pastikan kamu mencuci tangan dengan bersih sebelum menyentuh permukaan kulit wajah…

Jerawat Batu (Kronis)

Jerawat batu atau cystic acne ini adalah jenis jerawat yang paling menyakitkan dan membutuhkan penanganan lebih lama dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya. Jerawat batu biasanya diikuti dengan peradangan hebat pada kulit wajah yang berkumpul di seluruh muka. Pada umumnya, jerawat batu ini disebabkan karena faktor genetis, tak heran jika orang yang menderita jerawat batu juga mempunyai sanak atau famili yang menderita jenis jerawat serupa dengan yang ia derita. Mengerikan bukan JerawatHaters?. Itu adalah salah satu penyebab jerawat batu yang paling umum ditemukan.

Namun penyebab Jerawat Batu tak hanya karena faktor genetik, lebih lengkapnya ini dia berbagai macam hal yang dapat menyebabkan jerawat batu:

Kelebihan Minyak

Segala macam hal yang berlebihan pastilah tidak baik. Kelenjar minyak yang terlalu aktif dapat menjadi penyebab utama munculnya jerawat batu di wajah kita. Ketika kelenjar minyak terlalu aktif memproduksi minyak di wajah, minyak-minyak tersebut akan membanjiri kulit wajah. Kebiasaan menunda atau membesihkan kulit berminyak dengan cara yang tidak benar berpotensi terhadap penyumbatan pori-pori wajah oleh minyak wajah itu sendiri. Ketika kelenjar minyak terus memproduksi minyak berlebih tiada henti, sedangkan pori-pori minyak tersumbat oleh minyak wajah yang telah mengendap, secara otomatis minyak-minyak tersebut tidak akan mempunyai jalan keluar dan terjebak di dalam lapisan kulit wajah yang pada akhirnya akan menimbulkan peradangan hebat yang kemudian kita kenal dengan jerawat batu. Menyeramkan bukan JerawatHaters?.

Anomali dalam Tubuh

Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal, dimana regenerasi kulit tidak bisa dilakukan secepat regenerasi kulit normal juga merupakan penyebab munculnya jerawat batu. Untuk mengetahui apakah regenerasi kulit JerawatHaters berjalan normal atau tidak, silahkan lakukan konsultasi dengan dokter pribadi atau orang-orang yang sudah berkompeten dalam mengatasi masalah jerawat pada kulit. Pastikan bahwa kamu benar-benar memahami jenis kulit kamu (tidak tahu jenis kulitmu? simak bagaimana cara mengetahui jenis kulit disini) sebelum mulai mencoba mengatasi jerawat dengan berbagai cara.

Respon Terhadap Peradangan

Memiliki respon berlebih pada peradangan yang terjadi sehingga meninggalkan bekas di kulit. Bekas inilah yang kemudian berpotensi besar membentuk jerawat batu. Sekali lagi, kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan kepada pihak medis dan mengetahui jenis kulit yang JerawatHaters miliki. Mengetahui jenis kulit akan sangat membantu ketika kamu ingin menggunakan produk-produk kecantikan tertentu pada kulit wajahmu, terutama bila kamu ingin mengobati Jerawat Batu.

Kosmetik yang Tebal

Penggunaan alat kosemetik yang berlebihan dan kebiasaan menunda-nunda untuk membersihkan kosmetik pada wajah juga merupakan penyebab yang kerap kali muncul dan berpotensi meninmbulkan jerawat khususnya jerawat batu. Bekas kosmetik yang ada pada kulit akan membuat pori-pori tersumbat jika tidak segera dibersihkan. Akibatnya, akan terjadi peradangan di permukaan kulit wajah dan jerawat batu pun bisa terbentuk dengan sangat mudah.

Bagaimana JerawatHaters?, apakah artikel tentang pengertian dan penyebab Jerawat Batu ini cukup membantu bagimu?. Segera tangani jerawat batu dengan cara yang tepat agar peradangan tidak menyebar dan memunculkan jerawat-jerawat baru yang menyakitkan dan membuat percaya diri berkurang. Hidup tanpa jerawat itu lebih mengasyikkan lho…

Masing-masing dari jenis dan macam-macam jerawat diatas mempunyai penyebab dan penanganan yang berbeda-beda. Untuk menyembhkan jerawat komedo, metode yang dilakukan mungkin hanya sesimpel membalikkan telapak tangan, berbeda dengan jerawat biasa yang membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan jerawat batu yang membutuhkan waktu berminggu-minggu. Bahkan, dalam penanganan kasus jerawat batu kronis bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk menyembuhkan jerawat batu kronis pada kulit wajah kita.


Bagaimana?, sudah tahu macam-maca jerawat dan klasifikasi jerawat menurut terbentuknya jerawat itu sendiri bukan?. Berbeda jenis jerawat yang tumbuh pada kulit wajah kita berarti berbeda pula penanganan yang harus kita lakukan pada jerawat membandel itu. Mudah-mudahan artikel tentang tipe dan macam-macam jerawat ini dapat membantu JerawatHaters dalam mengenali jerawat yang tumbuh di permukaan kulit wajah



Obat Herbal
Jerawatter.Pernah terfikir oleh anda,bagaimana kalau wajah anda tumbuh jerawat? atau bahkan dipenuhi dengan jerawat.Pasti anda langsung tidak percaya diri dan mencari berbagai cara untuk menghilangkannya.Jerawat sebenarnya bukan masalah yang sangat besar dalam hidup anda,tapi bagi sebagian orang yang perduli dengan penampilan mereka justru akan menjadi masalah besar dalam hidupnya.Masalah jerawat umumnya banyak dihadapi oleh remaja.Tapi,orang dewasapun yang memiliki kulit berminyak atau yang memiliki kondisi kulit berpori-pori besar bisa terserang jerawat ini dikarenakan kulit yang berpori-pori besar yang berminyak akan menyebabkan kelenjar minyak tidak dapat keluar dengan sempurna.

Ada sebagian wanita ketika akan mengalami menstruasi atau datang bulan atau bahkan sesudahnya akan tumbuh jerawat .Menangani kulit yang berjerawat tidak harus dengan perawatan atau dengan obat-obatan yang mahal.Saya mempunyai beberapa tips untuk mengatasi jerawat dengan cara yang alami dan tidak mahal tentunya.bahan –bahan yang digunakan merupakan bahan –bahan yng mudah didapatkan.

Kunyit Asam

Banyak orang yang mempercayai kalau kunyit asam dapat menghaluskan dan memperbaiki kondisi kesehatan kulit karena didalam kunyit mengandung curcuminoid yang berperan dalam memperbaiki metabolisme dan jaringan dalam tubuh,termasuk juga kulit.Sediakan kunyit secukupnya,cuci bersih kemudain ditumbuk hingga halus.Nah,hasil tumbukan kunyit tersebut oleskan pada bagian yang berjerawat ,diamkan hingga semalaman dan bersihkan pada pagi harinya.cara ini bisa efektif jika anda melakukannya rutin setiap hari tapi dari pemakaian kunyit akan menimbulkan bekas kuning dimuka anda,dan ini pasti akan membuat anda merasa tidak nyaman bukan? Nah dibawah ini ada obat tradisional alternatife lain untuk mengatasi jerawat


Daun Sirih

Daun sirih dapat digunakan sebagai obat trdisional alternative selain kunyit,karena di dalam daun sirih mengandung antiseptik yang dapat mengeringkan jerawat yang sedang meradang.Caranya mudah sekali,daun sirih yang sudah dicuci bersih ditumbuk halus kemudian campurkan dengan air secukupnya dan disaring atau diperas.Ampas daunnya bisa anda gunakan masker di malam hari sedangkan airperasannya bisa anda gunakan untuk cuci muka dipagi hari.Atau jika anda merasa repot untuk menumbuknya anda bisa merebus daun sirih tersebut ,air dari rebusan daun sirih bisa anda oleskan pada daerah muka anda yang berjerawat.

Dengan Pemakaian secara rutin dan teratur ,jerawat anda akan berangsur – angsur mongering dan hilang.Gunakan secara teratur agar hasilnya lebih sempurna.Selamat mencoba.

Related Posts

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar